DPRD Medan Dan Lembaga Administrasi Negara Teken Kerjasama Peningkatan Layanan Publik

Foto/Ist
Foto/Ist

Sekretariat DPRD Kota Medan dan Pusat Inovasi Manajemen Pengembangan Kompetensi ASN Lembaga Administrasi Negara RI (PIMBANGKOM LAN RI) meneken kerjasama untuk peningkatan pelayanan masyarakat.


Kerjasama ini ditandatangani langsung oleh  Plt Sekretaris DPRD Kota Medan Hj Alida dan Kepala PIMBANGKOM LAN RI Hartono yang disaksikan Ketua DPRD Kota Medan Hasyim, Wakil Ketua DPRD Ihwan Ritonga, dan para pejabat lainnya.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada Bapak/Ibu dari Sekretariat DPRD Kota Medan yang telah memberikan kepercayaan kepada kami, khususnya kepada tim PIMBANGKOM ASN dalam memfasilitasi pelaksanaan kegiatan survei kepuasan para pimpinan dan anggota DPRD Kota Medan terhadap layanan sekretariat DPRD Kota Medan," kata Deputi Kajian dan Inovasi Manajemen ASN LAN RI, Agus Sudrajat dalam sambutannya.

Dijelaskannya, kegiatan survei kepuasan stakeholder ini merupakan kegiatan yang dikembangkan dari PermenPAN RB No. 14 tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggaraan Pelayanan Publik. Peraturan ini mengamanatkan unit penyelenggara pelayanan untuk melakukan survei kepuasan dalam rangka evaluasi kualitas pelayanan secara berkala dan berkelanjutan.

Pada tahun 2019, lanjutnya, tim PIMBANGKOM ASN telah melakukan survei terhadap 10 jenis layanan dan berkembang menjadi 13 jenis layanan pada tahun 2020. Dalam survei ini digunakan 8 variabel pelayanan untuk mengukur tingkat kepuasan para stakeholder. Serta untuk memperoleh data yang komprehensif, tim PIMBANGKOM ASN juga menggunakan 3 jenis instrumen yaitu kuesioner, observasi dan wawancara.

"Karenanya kami berharap hasil survei dan inovasi yang dikembangkan Sekretariat DPRD Kota Medan sejak tahun 2019 dapat meningkatkan kualitas pelayanan terhadap para pimpinan dan anggota DPRD Kota Medan. Dengan begitu, fungsi sekretariat DPRD Kota Medan sebagai unsur pendukung dapat berjalan selaras dengan pelaksanaan tugas dan fungsi DPRD Kota Medan," jelasnya.

Sementara Ketua DPRD Kota Medan, Hasyim SE mengatakan, jika mencermati indeks kepuasan atas layanan Setwan berdasarkan survei yang dilaksanakan tahun lalu, Setwan harus lebih bekerja keras lagi untuk memperbaiki pelayanan secara berkesinambungan dan terukur dalam penyelenggaraan layanan administratif kesekretariatan dan keuangan serta pemberian dukungan terhadap pelaksanaan tugas dan fungsi DPRD.

"Dengan survei kepuasan, akan diketahui kinerja Sekretariat DPRD Kota Medan secara periodik, termasuk kelemahan atau kekurangan dalam setiap unsur, untuk dapat diintervensi melalui inovasi," ujar Ketua DPRD Medan.

Acara penandatanganan kerjasama ini digelar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.