DPD GAMKI Sumatera Utara Dukung Program PMI

Foto/Ist
Foto/Ist

Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Sumatera Utara yang diwakili oleh Bapak Drs. Edi Siswanto selaku Sekretaris PMI Sumatera Utara menerima Audensi DPD GAMKI Provinsi Sumatera Utara yang dipimpin oleh Swangro Lumbanbatu, ST, M.Si beserta rombongan yang terdiri dari Joni Naibaho, S.Kep (Wakil Ketua OKK), Hamonangan Sinaga, S.Pd (Wakil Ketua), Irene Sinaga (Wakil Ketua), Daulat Sinaga (Wakil Sekretaris), Jhon Damai Sinurat, dan Niko Sihotang (Departemen PUPR).


Dalam kesempatan itu, Edi Siswanto selaku Sekretaris PMI Sumut memaparkan beberapa program kerja kemanusiaan yang digalang oleh PMI Sumut serta rencana kegiatan di tahun 2022 yang akan datang. "Kami juga meminta dukungan dari DPD GAMKI Sumatera Utara mengenai pengembangan organisasi Palang Merah Indonesia di Provinsi Sumatera Utara" harap Edi Siswanto.

Swangro Lumbanbatu mengatakan berterimakasih atas waktu yang telah diberikan oleh PMI Sumatera Utara untuk menerima Silaturahmi dimana GAMKI sangat mendukung, siap membantu dan tentunya akan kami berikan dukungan sepenuhnya bagi pengembangan PMI ini sendiri. Harapan saya bagaimana kita bisa bekerja sama dengan sebaik baiknya, khusus mengenai donor darah ini saya yakin dan percaya itikad baik kita semua akan tercapai, apalagi GAMKI di Sumatera Utara lengkap dengan Kepengurusan di 33 Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Utara, tegasnya.

Chairil Siregar SH selaku Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Sumber Daya PMI Sumut menambahkan bahwa minimnya kesadaran masyarakat akan pentingnya donor darah bagi kesehatan disamping juga sangat dibutuhkan bagi kemanusiaan. "Kita selaku pengurus PMI sangat berharap suatu waktu nanti perilaku donor darah ini kiranya dapat membudaya di tengah-tengah masyarakat Provinsi Sumatera Utara yang kita cintai ini, hal ini yang sangat kita impikan," ungkapnya.

Edi Siswanto juga menambahkan, PMI Provinsi Sumatera Utara menyambut baik jika pertemuan silaturahmi ini ditingkatkan dengan menjalin kerjasama dengan GAMKI sehingga masyarakat yang ada di kabupaten/kota dapat memahami dan mengetahui bagaimana pentingnya donor darah dilakukan, mengingat Unit Donor Darah (UDD) yang ada di Sumatera Utara masih 11 UDD. Oleh karenanya, kami harapkan GAMKI Sumut dapat mendorong GAMKI Kabupaten/Kota agar mengajak masyarakat untuk melakukan donor darah, sehingga apabila masyarakat membutuhkan darah tidak terlalu jauh datang ke Medan. 

GAMKI menyambut baik rencana ke depan menyangkut jalinan kerjasama dengan PMI Sumatera Utara. GAMKI berharap PMI Provinsi Sumatera Utara juga tetap eksis dalam menolong masyarakat baik dalam kegiatan-kegiatan donor darah dan juga bencana alam yang mungkin terjadi di waktu yang tak terduga, terang Swangro.