Dosen UNA Direkrut Jadi  Tim Ahli Komunikasi Publik Dalam Satgas Penagangan Covid-19 Sumut

Foto/RMOLSumut
Foto/RMOLSumut

[rmol] Dosen Universitas Asahan, Dr. Dailami,M.I.Kom direkrut menjadi Tim Ahli dalam Bidang Komunikasi Publik dari Satuan Tugas Penagangan Covid-19 Sumut, bersama dua orang lainnya masing-masing Prof. Dr. Badaruddin, M.Si dan Dra. Mazdalifah, M.Si., Ph.D keduanya dari Universitas Sumatera Utara.


Perekrutan ini menurut Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumut Dr. Ir. Riadil Akhir Lubis, M.Si yang juga koordinator Bidang Komunikasi Publik dari Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Sumut, Rabu (21/10) didasarkan kebutuhan untuk mendayagunakan tugas Bidang Komunikasi Publik  dalam menyebarluaskan informasi kepada masyarakat terkait upaya pencegahan sekaligus penanggulangan Pandemi Covid-19 khususnya di Sumatera Utara.

“Kami membutuhkan tim ahli komunikasi publik dalam mengemas pesan secara baik dan tepat, semua informasi disampaikan bermuara kepada upaya pencegahan dan penanggulangan Covid-19  targetnya bagaimana mendorong dan mengajak masyarakat  secara terus menerus sehingga tumbuh kesadaran bersama untuk membiasakan diri mencuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak  sesuai  program pemerintah pusat dalam penanggulangan Covid-19, karena hingga kini penyebarannya masih berlangsung di Sumatera Utara,” kata Riadil Lubis.

Bidang Komunikasi Publik Satgas Penanganan Covid-19 Sumut dalam melaksanakan tugasnya melibatkan berbagai komponen diantaranya dari unsur TNI, Polri, instansi pemerintah, instansi swasta, organisasi keagamaan, organisasi pers, dunia usaha, media cetak maupun elektronik serta unsur nasyarakat  lainnya.

Adapun tugas utama Bidang Komunikasi Publik meliputi kegiatan Komunikasi Publik pencegahan dan penanggulangan Covid-19 berdasarkan arahan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Utara, mengkoordinasrkan keterlibatan sumber daya berbagai mitra di Provinsi Sumatera Utara untuk mendukung peiaksanaan kegiatan Komunikasi Publik; dan  mendiseminasikan informasi pubiik yang diterima dari Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Utara.

Sementara yang menjadi tugas Tim Ahli Komunikasi Publik sesuai tertera dalam surat tugas yang diterima antara lain mengidentifikasikan permasalahan dan peluang di bidang komunikasi publik dalam penanganan Covid-19 Sumut, memberikan masukan poin-poin atau rumusan kebijakan strategis bidang komunikasi publik Satgas Penanganan Covid-19 Sumut, serta menyusun skenario kegiatan bidang komunikasi public penanganan Covid-19 Sumut.

Menanggapi penetapannya menjadi Tim Ahli di Bidang Komunikasi Publik dari Satgas Covid-19 Sumut, Dr. Dailami,M.I.Kom yang saat ini menjabat sebagai Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Fakultas Ekonomi Universitas Asahan mengatakan, tugas yang dipercayakan kepadanya  bersama tim ahli lainnya, merupakan amanah sekaligus sebagai tanggungjawab yang harus diemban setiap warga negara, untuk berpartisipasi aktif dan secara bersama-sama dengan komponen masyarakat lainnya dalam mengatasi permasalahan dihadapi bangsa sesuai bidang masing-masing.

 “Sebagai warga negara sekaligus insan akademik, harus siap ketika dibutuhkan dalam mengatasi permasalahan dihadapi bangsa, tentu peran serta itu sesuai  kemampuan dan kapasitas dimiliki”, ujar Dailami yang juga Direktur Lembaga Komunikasi Massa Universal Communication.