Dituding Terlibat Pembicaraan Suap Pemilihan Wakil Wali Kota Binjai, Ini Jawaban Ketua DPC PPP Kota Binjai

Irhamsyah Putra Pohan/Ist
Irhamsyah Putra Pohan/Ist

Nama Irhamsyah Putra Pohan menjadi perbincangan politik di Kota Binjai seiring munculnya dugaan adanya suap dalam pemilihan Wakil Wali Kota Binjai oleh DPRD Kota Binjai yang dimenangkan oleh Rizky Yunanda Sitepu.


Ihwal tudingan pembicaraan diduga terkait suap itu, diungkapkan oleh Ketua Forum Konsorsium Mahasiswa Pemuda dan Pelajar Kota Binjai, Yudhi Pranata yang menggelar konferensi pers. Kepada wartawan di Kota Binjai, Yudhi mengaku memiliki rekaman voice note berdurasi kurang lebih 1 menit 12 detik antara Ketua DPD Partai Nasdem Kota Binjai, Edy Putra Sitepu dengan Irhamsyah Putra Pohan yang saat ini menjabat Ketua DPC PPP Kota Binjai. 

Dalam rekaman Yudhi menyebutkan adanya pembicaraan soal uang sebesar Rp 20.000.000 (Dua Puluh Juta Rupiah) untuk tiga orang anggota DPRD Binjai dari Partai Nasdem, totalnya yakni Rp 60.000.000.

Irhamsyah Putra sendiri membantah jika melakukan pembicaraan dengan Edy Putra Sitepu terkait suap menyuap untuk pemilihan Wakil Wali Kota Binjai tersebut. Menurutnya, pembicaraan antara mereka hanya dalam kapasitas bercanda atau berseloroh. 

"Itu seloroh saja, bercanda. Karena dia kan pernah jadi kawan saya di DPRD periode 2014-2019. Nggak masalah, nggak ada. Yang namanya persahabatan itu, sah saja nama dibawa-bawa. Mudah-mudahan itu jadi positif untuk masyarakat," katanya kepada wartawan.

Meski selorohnya tersebut menjadi perbincangan politik dan berpotensi memunculkan narasi negatif kepadanya, namun Irhamsyah mengaku tidak akan ambil pusing untuk menempuh jalur hukum. Ia bahkan tidak menghalangi jika hal ini dilaporkan kepada pihak kepolisian sebagaimana disampaikan Yudhi Pranata saat memberikan keterangan kepada media.

"Kalau dilaporkan Yudhi nggak masalah. Kalau dilaporkan kita balik lapor, apa benar bahasa itu apa nggak. Saya nggak keberatan, ini kan jadi konsumsi publik, semoga bisa menjadi kampanye politik jadinya," ungkapnya.

Diketahui pemilihan Wakil Walikota Binjai digelar di DPRD Kota Binjai pada Rabu (21/7/2021). Pada saat pemilihan tersebut, dari 30 anggota DPRD Binjai hanya dihadiri 29 orang.

Berdasarkan hasil perhitungan suara suara, dari total suara yang ada berjumlah 29 suara, untuk calon nomor urut 1 yaitu H Rizky Yunanda Sitepu, STP meraih 26 suara, untuk calon nomor urut 2 Hamdani Syahputra, S.Sos meraih dua suara dan satu suara tidak sah.

Sesuai dengan hasil perhitungan surat suara, maka H. Rizky Yunanda Sitepu, STP terpilih dan ditetapkan sebagai Wakil Wali Kota Binjai Masa Jabatan 2021-2024.