Era teknologi digital memunculkan berbagai kemudahan dalam mengakses informasi.
Namun pada sisi lain, kemudahan mengakses informasi dan konten ini juga penting dibarengi dengan pemahaman dari kalangan milenial terkait konten yang bersifat mendidik.
Dmeikian disampaikan Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP USU Mazdalifah dalam Workshop Digital Literasi Media Sosial dan Enterpreneurship di FISIP USU, Selasa (7/2/2023).
"Karena ada yang sangat rentan dalam mengakses konten media ini yakni anak-anak dan juga para lansia, seperti pornografi, mistik, komersialisasi, hoaks, hate speech, serta kejahatan di ruang digital," katanya dalam workshop yang menjadi bagian dalam memeriahkan Hari Pers Nasional 2023 di Sumatera Utara tersebut.
Sementara itu, Ahmed Kurnia dari Sekolah Jurnalisme Indonesia yang juga hadir menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut mengatakanpenduduk Indonesia didominasi warga usia muda yaitu generasi Z (zilenial) rentang usia 8-23 tahun mencapai 75,49 juta jiwa, generasi Y usia 24-39 tahun sebanyak 69,38 juta jiwa, dari total penduduk Indonesia sebanyak 270 juta jiwa.
"Persentase ini merupakan bonus demografi dalam penggunaan media digital. Sehingga kebiasaan mereka adalah mengakses media digital secara multi platform. Sehingga penggunaan media digital ini merupakan budaya baru yang menjadi gaya hidup baru di kalangan milenial dan zilenial," ucap Ahmed.
Dari data pengguna aktif media sosial Januari 2022, menurut Ahmed, di Indonesia sebanyak 191 juta orang. Pengguna media sosial meningkat 12,35% dibandingkan tahun sebelumnya sebanyak 170 juta orang.
© Copyright 2024, All Rights Reserved