Dinilai Berpihak Ke Bobby, Wagub Sumut Dilaporkan Ke Bawaslu Medan

Kuasa Hukum tim AMAN, M Hatta/RMOLSumut
Kuasa Hukum tim AMAN, M Hatta/RMOLSumut

Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah diadukan ke Bawaslu Kota Medan. Laporan ini terkait dugaan ketidaknetralan Musa Rajekshah pada Pilkada Medan 2020 dalam kapasitasnya selaku pejabat publik.


"Kita melaporkan dugaan indikasi ketidaknetralan beliau. Dimana mulai dari awal sebelum penetapan calon, hingga ditetapkannya calon, ada akumulasi yang mengindikasikan pak Musa Rajekshah berpihak kepada salah satu pasangan calon," kata Ketua Bidang Hukum Tim AMAN, M Hatta, Rabu (21/10).

Hatta menjelaskan, dalam laporan ini mereka meminta agar Bawaslu Kota Medan bersikap netral dengan memproses laporan mereka. Sehingga ada rasa keadilan yang dapat diberikan terkait tugas pengawasan dalam Pilkada Medan 2020.

"Kita minta agar Bawaslu juga bersikap netral dalam memproses pengaduan dari kami. Kami melampirkan beberapa foto yang mengindikasikan adanya keberpihakan tersebut," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kota Medan Payung Harahap mengakui adanya laporan tersebut. Saat ini mereka sedang melakukan uji materil terhadap laporan tersebut.

"Kita uji dulu, kalau syarat formil dan materilnya terpenuhi pasti akan kita tindak lanjuti," ungkapnya.

Menurut Payung, beberapa bukti yang diajukan oleh pihak pelapor yakni foto-foto Musa Rajekshah dengan Bobby Nasution pada beberapa kegiatan. Bukti ini masuk dalam kajian mereka.