Dinas Koperasi Provsu Dukung Pembentukan Koperasi UISU

Rektor UISU Yanhar Jamaluddin bersama Puguh Irfan/RMOLSumut
Rektor UISU Yanhar Jamaluddin bersama Puguh Irfan/RMOLSumut

Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) mendukung sepenuhnya rencana pembentukan koperasi di Lingkungan Universitas Islam Sumatera Utara (UISU).


Hal itu disampaikan Kepala Seksi Kelembagaan DInas Koperasi Provsu Puguh Irfan PSU, SP, M.Si saat memberikan sambutan dalam kegiatan penyuluhan dan bimbingan pembentukan koperasi UISU di Auditorium UISU Jumat (26/3).

Hal itu dikatakan Puguh Irfan dalam pertemuan yang dihadiri Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Dakwah Islamiyah Dr. Liesna Andrinay, MPd, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaam, Alumni dan Kewirausahaan Ahmad Bakhori, ST, MT, Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Sistem Informasi Andang SUhendi, SS. MA serta pimpinan Fakultas, Asosiasi Dosen dan Serikat Pegawai di Lingkungan UISU. Menurut Puguh, potensi besar yang ada di UISU merupakan modal yang penting buat UISU untuk mendirikan koperasi.

Dikatakannya, potensi yang ada di lingkungan UISU nantinya dapat dikembangkan menjadi unit usaha di Koperasi.”Silahkan nanti unit usaha yang ada di UISU dikembangkan dan menjadi bagian dari unit usaha di Koperasi,”katanya. Namun pihaknya mengingatkan bahwa yang terpenting setelah pembentukan koperasi adalah bagaimana pengembangan yang dapat dilakukan Koperasi UISU. 

Pihaknya berjanji akan membantu melakukan pendampingan terhadap keberadaan koperasi UISU. “Setelah terbentuk kita akan melakukan monitirong, dan kita harap Koperasi UISU juga secara konsisten bersedia memberikan laporan secara berkala. Kami akan membimbing dan memfasilitasi program pemerintah yang dibutuhkan UISU,”ujarnya. Terpenting, katanya harus difahami bahwa koperasi berbeda dengan badan usaha lainnya. “Semua dari anggota oleh anggota dan untuk anggota.  Jadi tergantung apa sebenarnya keinginan anggota. semua apapun keputusan ada di anggaota, beda kalua perusahaan tergantung pemegang saham.”jelasnya. Untuk lebih detailnya proses pembentukan Koperasi akan disampaikan Petugas Penyukuh Koperasi Lapangan (PPKL) Provinsi Sumut Jusup Pardosi, SE dan Jhon Freddy Lumbaraja, SE.

Sementara itu, Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas kehadiran pihak Dinas Koperasi dan UKM Provsu. Dijelaskannya bahwa kegiatan bimbingan dan penyuluhan ini dalam upaya untuk mengakomodir potensi dan keinginan civitas akademika UISU. Menurutnya, kehadiran koperasi justru dapat membantu, secara individu dan lembaga atau insititusi. “Jika koperasi itu ada, maka secara personal akan bermanfaat bagi anggota, secara lembaga akan menjadi unit yang akan bersinergi dengan Universitas,”katanya.

Rektor berharap kehadiran Koperasi UISU nantinya dapat memberikan manfaat dan kesejahteraan bagi seluruh anggota. Pihaknya berharap pasca kegiatan bimbingan dan penyluhan terbentuk koperasi di UISU. “Kita merasa keberadaan koperasi dapat menjadi Unit pelaksana teknis di Universitas. Sebab itu kita menghadirkan dekan sebagai pengambil keputusan di tingkat Fakultas dan Wakil Dekan bidang STK,”katanya sembari mengingatkan bahwa yang terpenting adalah tindaklanjut setelah penyuluhan adalah untuk membentuk Koperasi di UISU.