Digelar Mulai Hari Ini, Masyarakat Agar Awasi Uji Kepatutan dan Kelayakan Calon KPID Sumut

Hendro Susanto/RMOLSumut
Hendro Susanto/RMOLSumut

Uji kepatutan dan kelayakan terhadap 19 peserta seleksi calon Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sumatera Utara akan digelar selama dua hari yang dimulai hari ini, Kamis (20/1/2022) di DPRD Sumatera Utara.


Para peserta akan mengikuti kegiatan tersebut di Komisi A DPRD Sumatera Utara.

"Kegiatan ini akan dilakukan hari ini dan besok," kata Ketua Komisi A DPRD Sumut, Hendro Susanto sesaat lalu.

Hendro mengatakan jadwal uji kepatutan dan kelayakan ini berdasarkan pengesahan pada badan msuyawarah. Lewat kegiatan ini mereka berharap agar calon komisioner KPID Sumut terpilih nantinya benar-benar merupakan orang yang memiliki kapasitas dalam menjalankan amanah tugas mengawasi penyiaran.

"Kita ingin bahwa dari uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) dapat menggali potensi dari calon komisioner, gagasan dan ide ide besar untuk meningkatkan kinerja kpi daerah sumut. Tentunya karakter berintegritas, berkompeten, berkolaborarif semangat perbaikan dan kebaikan untuk menghadirkan kualitas penyiaran yang lebih baik," ujarnya.

Meski dilakukan okeh Komisi A DPRD Sumut, namun Hendro berharap kegiatan ini dapat diawasi oleh seluruh masyarakat Sumatera Utara. Ia bahkan akan mengusulkan agar pelaksanaannya dilakukan secara terbuka.

"Kita meminta masyarakat untuk bisa mengawasin proses uji kepatutan dan kelayakan ini. Proses fit and proper test ini saya akan usulkan digelar secara terbuka untuk umum. Semoga di setujui oleh anggota komisi," pungkasnya.

Berdasarkan data pada pengumuman tim seleksi nomor: 006/Peng/Timsel-KPIDSU/XII/2021, berikut 19 nama yang diserahkan ke Komisi A DPRD Sumut untuk mengikuti uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test).

1. Ahmad Zainal Lubis

2. Anggia Ramadhan

3. Ara Auza

4. Dearlina Sinaga

5. Eddy Iriawan

6. Edwar

7. Edward Fransisco Bangun

8. Hj Ayu Kesuma Ningtyas

9. Mekar Sinurat

10. Mifta Aulia

11. Muhammad Hidayat

12. Muhammad Ludfan

13. Nurhasanah Nasution

14. Robinson Simbolon

15. Topan Bilardo Marpaung

16. Toyib Prasetiyo

17. Tua Abel Sirait

18 Valdesz Juninanto Nainggolan

19. Viona Sekar Bayu