Didemo Soal Peremajaan Becak Bermotor, Ini Penjelasan Bobby Nasution

Wali Kota Medan, Bobby Nasution menerima aksi unjuk rasa penarik becak bermotor di Medan/RMOLSumut
Wali Kota Medan, Bobby Nasution menerima aksi unjuk rasa penarik becak bermotor di Medan/RMOLSumut

Wali Kota Medan Bobby Nasution berkomitmen untuk melakukan peremajaan becak bermotor (betor) dan memberikan bantuan kepada keluarga penarik betor melalui bantuan UMKM.


Komitmen ini disampaikannya saat menemui puluhan penarik betor yang malkukan aksi damai di depan Kantor Wali Kota Medan, Jalan Maulana Lubis, Selasa (24/1/2023).

“Kita memberikan bantuan program itu bukan hanya untuk melepas tanggung jawab, saya tidak mau seperti itu. Saya sudah sampaikan kepada seluruh dinas, tapi harus benar-benar melihat hasil outputnya atau outcomenya,” kata Bobby Nasution di hadapan puluhan pengemudi betor tersebut.

Dikatakan Bobby Nasution, fungsi dari peremajaan yang dilakukan untuk meningkatkan perekonomian. “Kita ingin ketika betor diremajakan, ekonominya meningkat. Itu kita sampaikan satu tahun yang lalu saat Covid-19 dan pasca Covid-19 sehingga traffic sangat rendah. Jadi kita berikan bantuan kepada istri para penarik betor yakni program UMKM,” jelasnya.

Bantuan yang diberikan, jelas Bobby Nasution, berupa bantuan, pelatihan dan kita daftarkan di E-Katalog Pemko Medan sehingga Pemko Medan bisa membeli dagangan para istri penarik betor tersebut.  Itu sudah kita programkan. Setelah itu baru lah betor pengemudi betor kita remajakan,” paparnya.

Menurut Bobby Nasution, program itu belum berjalan, sebab kendalanya ada. “Saya tidak menuduh siapa pun, tapi dari beberapa kelompok kemarin ketika istrinya kita kumpulkan, setiap satu kepala kita harus membayar berapa. Kita mau mengasih bantuan kenapa harus dipatokkan seperti itu,” ujarnya.

Oleh karenanya, kata Bobby Nasution, Pemko Medan akan memberikan bantuan kembali. Sebab, fungsi dilakukan peremajaan untuk meningkatkan ekonomi, bukan lepas tanggung jawab dengan hanya melakukan peremajaan betor. “Kita ganti baru pun kalau pun ekonominya belum membaik, jika ban betornya pecah dan ganti olinya bukan dengan oli yang baik, betornya akan rusak-rusak lagi. Makanya kita akan memperbaiki ekonomi keluarganya dahulu,” terangnya.

Terkait peremajaan betor yang akan dilakukan, Bobby Nasution menjelaskan,  akan mengusung konsep pariwisata. Sebab, setiap berbicara tentang Kota Medan tentunya terkait dengan becak bermotornya sehingga menjadi ikon. “Karena itu lah yang ingin dijadikan ikon itu harus sejahtera,” pungkasnya.