Di 2022, Telkomsel Upgrade Seluruh Layanan 3G ke 4G 

Petugas Telkomsel sedang memperbaiki infrastruktur pendukung jaringan/Ist
Petugas Telkomsel sedang memperbaiki infrastruktur pendukung jaringan/Ist

Mulai 2022 ini Telkomsel secara bertahap dan terukur melakukan peningkatan/pengalihan (upgrade) layanan jaringan 3G ke 4G/LTE di seluruh Indonesia.


Hal ini sejalan dengan arahan pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI untuk pengkajian penghapusan layanan 3G dengan tetap mempertimbangkan kesiapan layanan 4G/LTE yang merata serta memperhatikan kepentingan masyarakat secara umum.

“Tahun ini, Telkomsel akan melakukan percepatan upgrade layanan jaringan 3G ke 4G/LTE sebagai kelanjutan komitmen kami selaku leading digital telecommunication company," kata Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam, Jumat (21/1/2022).

Ia menjelaskan proses upgrade layanan 3G ke 4G/LTE ini telah melalui tahap pengkajian, perencanaan serta persiapan yang matang. Hal tersebut mencakup kesiapan infrastruktur dan teknologi, jaminan kenyamanan pelanggan selama proses upgrade berlangsung, hingga kesesuaian dengan perundangan di sektor telekomunikasi dan perlindungan konsumen, yang berlaku di Indonesia. 

"Untuk itu, Telkomsel secara berkala telah berkomunikasi dan berkoordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan terkait, mulai dari Kemkominfo RI, hingga lembaga/institusi konsumen seperti Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN)  hingga Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI)," ujarnya.

Direktur Network Telkomsel Nugroho mengatakan Telkomsel telah mempersiapkan seluruh action plan mulai dari persiapan teknis, sosialisasi kepada pelanggan, hingga tahapan mitigasi dengan optimal, guna memastikan proses upgrade layanan 3G ke 4G/LTE secara bertahap dan terukur di seluruh wilayah di Indonesia dapat berjalan baik, termasuk prioritas meminimalisir potensi gangguan. Standar QoS (quality of service) juga terus diupayakan terjaga guna memenuhi standar aturan yang berlaku agar kenyamanan pelanggan tetap terjaga. 

"Berbagai persiapan tersebut kami lakukan sebagai bentuk komitmen Telkomsel sebagai connectivity enabler yang akan terus berupaya mengimplementasikan penerapan teknologi jaringan broadband terdepan di setiap fase kehidupan secara berkelanjutan sesuai dengan roadmap transformasi perusahaan.” pungkasnya.