Densus 88 Tangkap Terduga Teroris Di Simalingkar, Kepling: Dia Aktif Bersosialisasi

Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net

Personil Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti Teror melakukan penangkapan seorang warga dalam kasus dugaan terlibat terorisme di Simalingkar, Medan, Kamis (16/12/2021).


Selain mengamankan warga berinisial D tersebut, petugas juga melakukan penggeledahan rumanya.

Kepala Lingkungan XVIII Kelurahan Mangga, Simalingkar Yuda Prabowo mengatakan dalam penangkapan tersebut, personil Densus 88 terlebih dahulu mendatanginya sembari menunjukkan surat perintah penangkapan. Ia sendiri awalnya tidak mengetahui persoalan mengapa D ditangkap.

"Saya tahu saat mendengar saat istri terduga membaca surat perintah penggeledahan. Dia menyebutkan penggeledahan dilakukan karena dugaan terorisme," ucapnya kepada wartawan.

Yuda mengatakan terduga teroris yang ditangkap tersebut merupakan sosok yang ramah. Ia juga sering bersosialisasi dengan warga sekitar dan berprofesi sebagai ahli pengobatan alternatif dan penjual madu.

"Dia sering bagikan kue kepada warga dan orangnya ramah. Kalau ketemu saya, pasti disapa," kata Yuda, Kamis (16/12/2021) malam. 

D tinggal bersama istri dan tiga anaknya. Keluarga mereka sudah tinggal di kawasan tersebut selama dua tahun terakhir.  

Iformasi yang diperoleh, selain di Simalingkar, personil Densus 88 juga melakukan rangkaian penangkapan di beberapa lokasi lain di Sumatera Utara. Namun sejauh ini belum ada keterangan resmi terkait operasi tersebut.