Daftar Partai Bareng, Paket Prabowo-Cak Imin Cukup Mengkhawatirkan Rival

Prabowo Subianto dan Muhaimin Iskandar/RMOL
Prabowo Subianto dan Muhaimin Iskandar/RMOL

Prabowo Subianto dan Muhaimin Iskandar mendaftarkan masing-masing partai politik mereka ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI dalam waktu yang bersamaan.


Keduanya bahkan datang berbarengan dan menyerahkan dokumen masing-masing partai yang mereka pimpina kepada KPU untuk diproses menjadi bakal calon peserta pemilu 2024.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah berpandangan, paket koalisi PKB dan Gerindra cukup potensial. Termasuk, jika dilihat dari catatan elektabilitas, koalisi ini lebih unggul dari koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

"Faktor Prabowo yang menjadikan koalisi ini kuat dan cukup mengkhawatirkan bagi rival," demikian kata Dedi kepada Kantor  Berita Politik RMOL, Selasa (9/8).

Menurut Dedi, koalisi tokoh seperti kPrabowo dan Muhaimin Iskandat akan membentuk politik yang baik. Sebab, Prabowo masih menguasai ceruk pemilih nasionalis, masyarakat yang masih punya daya juang perubahan seperti tema-tema kampanye Prabowo sejauh ini.

Sementara itu, sosok  Muhaimin akan mampu membawa sentimen pemilih Nahdliyin, dengan porsi pemilih NU yang cukup besar. Analisa Dedi, Cak Imin akan dengan mudah mengkonsolidasikan kekuatan politik nahdliyin untuk mendukungnya di perhelatan pemilihan presiden (Pilpres) tahun 2024 mendatang.

"Mudah bagi Muhaimin menggalang kekuatan dan mengimbangi Prabowo yang lebih dulu berada di puncak elektabilitas," pungkas Dedi.