China Temukan Vaksin Covid 19, Harga Emas Tumbang

Ilustrasi
Ilustrasi

Kinerja harga emas belakangan ini terus mengalami penurunan yang sangat tajam, dari posisi tertingginya di tahun ini yang sempat menyentuh $2.061 per ons troy nya. Kinerja harga emas memudar seiring dengan progress pembuatan vaksin covid 19 yang menunjukan keberhasilan nyata belakangan ini. Belakangan China menyatakan berhasil dalam penemuan vaksinnya. Kinerja harga emas tersebut membuat perilaku investor berubah, dengan lebih banyak memindahkan aset dalam mata uang US Dolar.


Pada dasarnya US Dolar sendiri bukanlah mata uang yang secara fundamental akan terus menglami penguatan. Terlebih program paket stimulus yang digelontorkan pemerintah AS untuk menjaga daya beli masyarakat, tentunya akan membuat likuditas US Dolar banjir di pasar. Hal ini akan berdampak buruk bagi kinerja mata uang US Dolar itu sendiri.
 
"Saya menilai, progess temuan vaksin menjadi katalis negatif bagi harga emas. Krena sebelumnya kenaikan harga emas kerap linier dengan ketidakpastian ekonomi yang muncul akibat pandemi covid 19 itu sendiri. Semakin luas penyebaran covid 19, maka semakin menarik emas dimata para investor," kata pengamat ekonomi, Gunawan Benjamin, Senin (28/9).
 
Emas bisa saja tetap mengalami kenaikan nantinya, namun dengan voaltilitas yang cukup banyak. Emas bisa saja menguat jika seandainya terjadi masalah pada kinerja ekonomi AS atau justru ekspektsi pertumbuhan ekonomi global terus menunjukan adanya potensi perlambatan atau bahkan pelemahan.
 
Dari beberapa indikasi yang muncul belakangan ini, emas bisa saja berbalik arah, namun mungkin masih akan sulit mencapai realisasi di atas $2.000 per ons troy. Akan tetapi perkembangan ekonomi yang menunjukan harapan pemulihan saat ini perlu untuk diwaspadai. Saya melihat emas masih akan berpeluang untuk turun di kisaran $1.730 per ons troy kedepan.
 
Saat ini harga emas dunia berada dikisaran level $1.860 per ons troy. Jika dirupiahkan harga emas saat ini dijual dikisaran angka 893 ribu per gramnya. Tentunya dengan tren turun seperti sekarang, sulit bagi investor untuk mencari keuntungan dari harga emas dalam jangka pendek. Investor sebaiknya untuk tidak membeli emas terlebih dahulu.
 
Potensi turunnya masih ada. Sementara bagi mereka yang telah menyimpan emas. Boleh menahannya sementara waktu atau melepasnya saat ini. Potensi turun pada harga emas masih tetap terbuka. Meskipun harapan untuk naik juga masih ada. Namun potensi turunnya lebih terlihat dibandingkan peluang naik dalam waktu dekat ini.