Cedera, Fajar/Rian ‘Serahkan’ Juara Thailand Open 2022 ke Ganda Jepang

Fajar Alfian dan Mohammad Rian Ardianto saat mundur dari pertandingan final Thailand Open 2022/Ist
Fajar Alfian dan Mohammad Rian Ardianto saat mundur dari pertandingan final Thailand Open 2022/Ist

Ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Mohammad Rian Ardianto ‘menyerahkan’ gelar juara Thailand Open 2022 kepada Takuro Hoki/Yugo Kobayashi.


Hal ini terjadi karena setelah Fajar/Rian memilih tidak melanjutkan permainan pada partai final akibat cedera yang dialami oleh Fajar.

Keputusan Fajar/Rian untuk tidak melanjutkan permainan terjadi saat pada set pertama saat skor 4-13. Fajar yang sedari awal terlihat memegangi bagian pinggangnya terlihat berdiskusi dengan Rian dan selanjutnya tampak mendekati wasit.

Sebelum pertandingan, Fajar/Rian yang merupakan unggulan 5 pada turnamen ini memiliki rekor pertemuan 1-2 atas Hoki/Yugo. Namun dengan situasi ini maka rekor pertemuan mereka menjadi 2-2.

Fajar/Rian sendiri menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang lolos ke babak puncak turnamen bertitel BWF Super 500 ini. Langkah mereka untuk mencapai partai puncak juga sangat berat termasuk saat mengalahkan ganda Malaysia Aaron Chia/Soh Wooi Yik pada babak semifinal. Faktor kelelahan menghadapi ganda kuat tersebut patut disinyalir membuat ganda berperingkat 7 BWF ini mengalami kelelahan.

Pada sisi lain, turnamen Indonesia Open 2022 yang akan menjadi agenda super series berikutnya kemungkinan menjadi pertimbangan bagi Fajar/Rian untuk tidak mengambil resiko. Sebab, Indonesia Open 2022 memiliki level yang jauh diatas Thailand Open 2022.

Sekedar diketahui, Indonesia Open merupakan turnamen dalam rangkaian super series dengan titel BWF Super 1000 yang tentunya memiliki prestise lebih tinggi bagi seluruh pemain bulutangkis dunia.