Calon Pj Kepala Daerah di Kota Tebing Tinggi dan Tapanuli Tengah Bukan Pilihan Edy Rahmayadi

Edy Rahmayadi/RMOLSumut
Edy Rahmayadi/RMOLSumut

Sejumlah nama pejabat eselon II di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) telah dikirim ke Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk dipilih menjadi penjabat (pj) kepala daerah di Kota Tebing Tinggi dan Kabupaten Tapanuli Tengah.


Hal ini berkaitan dengan berakhirnya masa jabatan kepala daerah pada kedua daerah tersebut pada 2 Mei 2022.

"Sudah kita ajukan ke Kemendagri 3 orang untuk calon di Tebing Tinggi dan 3 orang untuk calon di Tapanuli Tengah," kata Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, Senin (9/5/2022).

Informasi yang diperoleh menyebutkan nama-nama yang diajukan untuk Tebing Tinggi adalah Baharuddin Siagian yang kini menjabat Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sumatera Utara, Nurlela yang kini menjabat Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Aprilla H Siregar yang menjabat Kepala Biro Organisasi Setda Provsu.

Sedangkan untuk calon yang diajukan untuk Pj Bupati Tapanuli Tengah yakni Afifi Lubis yang kini menjabat Pj Sekda Sumut sekaligus Sekretaris DPRD Sumatera Utara, kemudian Asren Nasution yang kini menjabat Kepaa Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provsu dan Kaiman Turnip yang kini menjabat Staff Ahli Gubernur Bidang Pendidikan, Kesehatan, Infrastruktur dan Pemberdayaan masyarakat sekaligus Plt Kadis Kominfo Sumatera Utara.

Edy Rahmayadi sendiri mengaku nama-nama tersebut bukan pilihannya. Ia hanya menandatangani surat pengajuan nama yang disodorkan oleh tim Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat)

"Bukan aku yang milik, orang ini yang milih. Aku cuma nandatangani aja itu, ngapain gubernur mikirin itu, masih banyak yang harus kita pikirin," pungkasnya.