BWF Rilis Ranking Terbaru, Ganda Putra Indonesia Dominasi 5 Besar Dunia

Para atlet bulutangkis putra Indonesia/Net
Para atlet bulutangkis putra Indonesia/Net

Sektor ganda putra pada olahraga bulutangkis masih menjadi milik para pemain Indonesia.


Berdasarkan data terbaru yang dirilis oleh Badminton World Federation (BWF), nama-nama ganda Indonesia mendominasi 5 besar peringkat dunia.

Data pada laman resmi yang dirilis oleh BWF, nama Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo masih menempati peringkat teratas dengan total 111.827 poin. Poin mereka diikuti oleh ganda Jepang Takuro Hoki/Yugo Kobayashi di peringkat kedua dengan perolehan 107.650 poin.

Sementara ganda senior Indonesia, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan menempati peringkat ketiga yang diikuti oleh ganda Taiwan Lee Yang/Wang Chi-Lin yang berada di ranking 4 dengan total 99,468 poin.

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang tahun ini cukup konsisten dengan menjadi juara di Swiss Open, Indonesia Masters, dan Malaysia Masters 2022 berada di posisi kelima.

Sementara itu, tiga ganda putra Indonesia lainnya, Pramudya Kusumawardana/yeremia Rambitan, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri, dan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin masing-masing menempati posisi 14, 20, dan 21 dunia.

Pada sektor ganda putri, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti yang sebelumnya berada di peringkat 42 dunia, memperbaiki posisinya dengan naik satu tingkat. Juara Singapore Open 2022 itu mengumpulkan 39,640 poin.

Perubahan juga terjadi pada sektor tunggal putra, kendati tak terlalu signifikan. Posisi Jonatan Christie yang pada pekan lalu berada di peringkat delapan, naik satu tingkat mendekati Anthony Sinisuka Ginting, yang berada di urutan keenam dengan jumlah 90,479 poin. Jonatan naik ke ranking ketujuh dengan mengumpulkan 82.812 poin.

Pada peringkat pertama dan kedua ditempati wakil Denmark Viktor Axelsen dan tunggal Jepang Kento Momota. Menyusul Anders Antonsen (Denmark) yang masuk dalam peringkat ketiga.

Gregoria Mariska Tunjung dari sektor tunggal putri tak mengalami perubahan peringkat. Dia berada di posisi 26 dunia, sementara Putri Kusuma Wardani naik satu tingkat dari semula berada di ranking 48 dunia.

Peringkat pertama tunggal putri masih ditempati wakil Jepang Akane Yamaguchi dengan total 111.813 poin dan Tai Tzu Ying di peringkat kedua, kemudian disusul An Se Young dari Korea Selatan.