Butuh Satu Kemenangan Lagi, Indonesia Akan Boyong Piala Thomas 2021

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto/Net
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto/Net

Tim putra Indonesia tinggal membutuhkan satu kemenangan lagi untuk membawa pulang Piala Thomas.


Adalah ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang membuat langkah Indonesia semakin dekat untuk membawa pulang piala yang menjadi supremasi tertinggi bulu tangkis beregu putra tersebut.

Tampil pada partai kedua Final Thomas Cup yang digelar di Ceres Arena, Minggu (17/10/2021), ganda berperingkat 7 BWF ini mengandaskan 'ganda baru' Cina He Ji Ting/Zhou Hao Dong, dua set langsung 21-12 dan 21-19.

He/Zhou yang baru dipasangkan perdana pada ajang Piala Sudirman lalu, terlihat kesulitan meladeni permainan cepat yang diperagakan oleh Fajar/Rian. Kekompakan yang kurang antara kedua pemain bahkan membuat mereka kerap menjadi korban dari bola-bola tipuan dari Fajar/Rian. Alhasil, set pertama mereka harus mengakui keunggulan lawan dalam tempo 15 menit.

Pada babak kedua, Fajar/Rian semakin menunjukkan dominasinya. Kombinasi serangan dan bola-bola pendek membuat He/Zhou kesulian mengembangkan permainan. Terus ditekan mereka akhirnya menyerah dengan skor 21-19.

Secara head to head, ini merupakan pertemuan perdana antara Fajar/Rian vs He/Zhou. Sebelumnya Fajar/Rian sudah pernah bertemu dengan Zhou Hao Dong pad akejuaraan Bulutangkis Internasional pada 2018 lalu. Namun saat itu, Zhou masih berpasangan dengan Han Chengkai. Dalam pertemuan tersebut, Fajar/Rian menang dua set langsung.

Kemenangan Fajar/Rian membuat posisi Indonesia unggul sementara atas China dengan 2-0 pada pertandingan yang digelar sebanyak 5 partai ini. Dengan demikian, Indonesia tinggal membutuhkan 1 kemenangan lagi untuk mengunci gelar juara Thomas Cup 2021.