Bertemu Pihak Imigrasi, Bobby Nasution Singgung Soal Imigran Internasional di Medan

Wali Kota Medan Bobby Nasution menerima kunjungan pihak imigrasi  Kelas I Khusus TPI/Ist
Wali Kota Medan Bobby Nasution menerima kunjungan pihak imigrasi Kelas I Khusus TPI/Ist

Wali Kota Medan Bobby Nasution meminta agar pihak Imigrasi ikut memikirkan solusi atas keberadaan para imigran internasional yang saat ini berada di Kota Medan.


Hal ini diungkapkannya saat menerima kunjungan pihak Kantor Imigrasi kelas I Khusus TPI Medan di Balai Kota Medan, Selasa (7/6/2022)

“Kolaborasi merupakan tagline Pemko Medan saat ini. Oleh karenanya Pemko Medan siap berkolaborasi dengan Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan guna memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” katanya.

Bobby menjelaskan, aksi unjuk rasa para imigran yang meminta agar mereka segera diberangkatkan ke negera tujuan merupakan bentuk lain dari adanya persoalan yang mereka alami selama berada di Indonesia, khususnya yang di Kota Medan. Dalam unjuk rasa kemarin mereka meminta agar United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) segera memberikan mereka kepastian akan pemindahan mereka dari Kota Medan ke negara ketiga.

“Mari kita bersama-sama mengatasi permasalahan imigran ini, termasuk mencari solusinya,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan Johannes Fanny Satria Cahya Aprianto menyampaikan, selain bersilaturahmi karena baru menjabat di Kota Medan, tujuan kedatangan mereka juga ingin berkolaborasi dengan Pemko Medan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan.

"Saya berharap kita dapat saling support dan berkolarasi dengan Bapak Wali Kota beserta seluruh jajaran Pemko Medan. Apalagi Kota Medan sebentar lagi akan berulangtahun, kiranya kami siap mendukung apabila dibutuhkan terkait pemberian pelayanan pembuatan paspor pada saat perayaan HUT Kota Medan nantinya," ungkap Johannes sembari menyampaikan siap berkolaborasi mengatasi permasalahan para imigran di Kota Medan.

Selain itu, kata Johannes, Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan juga siap mendukung seluruh program pembangunan yang dijalankan Pemko Medan sesuai dengan tupoksi mereka yakni pelayanan publik. Apalagi, bilang Johanness, Pemko Medan berkeinginan membuat mal pelayanan publik, tentunya Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan dapat ikut serta di dalamnya guna mempemudah memberikan pelayanan berupa pembuatan pasport kepada masyarakat.