Bertemu Korban Kebakaran Pasar Berastagi, Sofyan Tan Janjikan Beasiswa 

Sofyan Tan/RMOLSumut
Sofyan Tan/RMOLSumut

Anggota DPR RI Sofyan Tan mendatangi lokasi kios dan lapak di pasar tingkat Brastagi Kabupaten Karo yang terbakar, Kamis (19/11/2020). Kedatangan anggota Komisi X DPR RI ini untuk menyerahkan bantuan berupa beras, mie instant dan telur kepada korban kebakaran. 


Dihadapan pedagang, Sofyan Tan mengatakan, kedatangannya di lokasi pasar yang  terbakar pada Selasa (17/11/2020) malam itu untuk melihat kondisi terakhir pedagang pasca kios terbakar. 

"Termasuk mencari informasi kebutuhan apa yang dibutuhkan pedagang saat ini," ujar Sofyan Tan didampingi Ketua DPRD Karo Iriani br Tarigan. 

Dikatakan Sofyan Tan, meski tidak mewakili daerah pemilihan, tetapi ada pengikat khusus yang membuatnya harus turun dan bertemu dengan pedagang yang menjadi korban. 

"Karena saya sudah menyandang marga Ginting dari sejak tahun 2009," kata Politisi PDI Perjuangan ini. 

Bahkan marga Ginting itu membawa hoki baginya pada saat ia ikut ambil bagian pada Pilkada Kota Medan tahun 2010. 

"Saya menang besar di daerah yang penduduknya mayoritas suku Karo," sebut Sofyan. 

Pada kesempatan itu, Sofyan Tan yang juga didampingi Calon Bupati Iwan Sembiring juga berjanji akan membantu anak-anak pedagang yang menjadi korban kebakaran mendapatkan beasiswa PIP. 

"Kenapa saya janjikan beasiswa, karena saya tidak ingin anak-anak kita terkendala pendidikannya karena ekonomi keluarga yang terganggu akibat musibah kebakaran ini" tambahnya. 

Sementara itu, Ketua Posko Kebakaran Dodi sinuhaji mengatakan, saat ini yang dibutuhkan para korban adalah sembako dan bantuan modal usaha kembali utk bisa bangkit dari kebakaran. 

"Termasuk bantuan agar pemerintah segera membersihkan puing-puing kebakaran, biar kami bisaegera kembali berjualan," kata Dodi. 

Sebanyak 535 kios dan 7 ruko hangus terbakar pada Selasa (17/11/2020) lalu. Saat ini para korban mendirikan posko untuk menampung bantuan sembako sambil berharap Pemda Karo segera memperbaiki pajak yg terbakar.