Berita Duka, Aktivis Petani Frederick Onto Hutapea Meninggal Dunia

Frederick Onto Hutapea/Net
Frederick Onto Hutapea/Net

Kabar duka datang dari kalangan petani Indonesia.


Salah seorang aktivis yang semasa hidupnya sangat gigih membela kepentingan kaum petani Frederick Onto Hutapea meninggal dunia di RS Bina Kasih, Medan Sunggal, Sabtu (5/6/2021).

Kabar duka ini menghiasi media sosial kalangan aktivis di Sumatera Utara.

"Innalilaahi wa inna ilaihi roji'un. Telah meninggal dunia Pak Frederick Onto Hutapea, hari ini 5 Juni 2021. Beliau ikut dalam membidani lahirnya gerakan petani di Sumatera Utara. Semoga husnul khatimah. Aamiin," tulis akun facebook Serikat Petani Indonesia.

Fredrick Onto Hutapea dikenal sebagai salah seorang senior kalangan Marhaenis di Sumatera Utara. Hal ini jugalah yang membuat beberapa aktivis lain juga menaruh hormat atas kegigihan dan komitmennya. 

Hal ini diakui oleh Ketua Komnas HAM RI, Taufan Damanik yang mengaku sangat kenal dekat dengan Frederick.

"Innalillahi wainna ilaihi rojiun, selamat jalan abangku Frederick Onto Hutapea. Panjang jalan perjuangan kita bersama, akan selalu kukenang. Darimu aku belajar menahan rasa sakit, duka dan pengendalian amarah menjadi enerji gerak perlawanan. Lukamu kau bawa pergi menghadap Sang Khalik, sementara aku masih harus terus bergegas menghapus kelamnya sejarah penindasan. Tenang lah di sana, doaku menyertaimu abangku. Allah menyayangimu dalam cinta yang tak berbatas. Kau akan tetap kukenang sebagai simbol kepahitan dan perlawanan atas kesewenang-wenangan," tulisnya pada akun facebooknya.

Ratusan tanggapan dari kalangan aktivis menghiasi kabar duka atas berpulangnya Frederick Onto Hutapea. Jenazah Frederick dimakamkan di TPU Payabakung Sunggal setelah sebelumnya disemayamkan di rumah duka Jalan Binjai, Km 13,5, Dusun 14, Desa Sei Semayang, Sunggal, Deli Serdang.