Berhasil Tangkap Pelaku Pembunuhan Wartawan, Forkom Warkop Apresiasi Kerja Polda Sumut

Jhon Damanik/Ist
Jhon Damanik/Ist

Forum Komunikasi Wartawan Kepolisian (Forkom Warkop) mengapresiasi kerja keras Polda Sumut dalam mengungkap kasus pembunuhan wartawan di Simalungun.


Belum sampai sepekan, Ditreskrimum Polda Sumut dan Polres Simalungun berhasil menangkap pelaku penembakan itu.

"Harus kita apresiasi Polda Sumut atas langkah cepatnya. Kita berharap polisi bisa segera mengungkap motif pembunuhan Mara Salem Harahap," kata Jhon Manik, Ketua Forkom Warkop, Kamis (24/6/2021).

Ia menilai kasus yang menjadi perhatian banyak orang ini mendapat atensi khusus dari Kapolda Irjen Pol RZ Panca Putra sehingga jajarannya langsung bergerak cepat. "Saya mendapat kabar, Kapolda juga menjalin kerjasama dengan TNI dalam mengungkap kasus pembunuhan Marsal (panggilan akrab Mara Salem Harahap)," ujarnya.

Menurutnya, dengan terjalinnya kerjasama yang baik antara Polri dan TNI tentu akan semakin memudahkan pengungkapan dan menangkap para pelakunya.

Kabar yang beredar, kata Jhon Manik sudah ada dua tersangka yang ditangkap. Namun Kapolda Sumut dalam pernyataannya di Pematangsiantar pada Rabu (23/6/2021) malam belum menyebutkan jumlah dan inisial pelaku yang sudah ditangkap. Ia hanya mengatakan pelaku pembunuhan sudah diamankan polisi.

Sebagai wartawan yang lama bertugas di kepolisian, Jhon Manik mengaku memahami mengapa Kapolda tidak buru-buru mempublikasikan para pelaku. "Mereka (aparat kepolisian) masih bekerja keras mengungkap dan menangkap orang-orang yang terlibat, bukan hanya eksekutor tetapi juga aktornya," kata Jhon lagi.

Sebelumnya Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak mengatakan sudah mengamankan pelaku penembak Mara Salem Harahap wartawan media online di Pematangsiantar.

Hal itu diungkapkannya kepada sejumlah wartawan di Mako Brimob Pematangsiantar, Rabu (23/06/2021) malam.

Namun Kapolda tidak mengungkapkan sosok pelaku penembakan tersebut.

Ditambahkannya,tim yang dibentuknya telah bekerja secara maksimal dengan hasil yang cukup baik.

"Yang jelas kita sekarang bekerja dengan waktu untuk mengungkap dan menyelesaikan perkara ini,"kata lulusan Akpol tahun 1990 itu.

Mantan Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) itu mengatakan segera menyampaikan secara lengkap dalam satu hingga dua hari kedepan.

"Secara lengkap besok atau lusa akan saya sampaikan," ucapnya.

Diketahui, seorang wartawan media online bernama Marsal Harahap ditembak Orang Tak Dikenal (OTK) hingga tewas di dalam mobilnya, Sabtu, (19/6/2021), di Simalungun, Sumatera Utara.