Berbicara Dihadapan Wantimpres, Gubernur Edy: Sumut Ini Kompak

Edy Rahmayadi/Ist
Edy Rahmayadi/Ist

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mendampingi Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Habib Lutfhi bin Yahya melepas Kirab Merah Putih di depan Istana Maimun, Jalan Brigjen Katamso, Medan, Selasa (13/9).


 Tampak ratusan pelajaran peserta Kirab Merah Putih membawa bendera merah putih sepanjang kurang lebih 150 meter.

Peserta kirab tersebut berjalan dari Istana Maimun melewati Jalan Mahkamah, Jalan Sisingamangaraja, kemudian berakhir di Taman Makam Pahlawan. Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menegaskan bahwa Sumut yang memiliki keragaman suku, agama dan budaya, selalu kompak tanpa perpecahan.

"Di Sumut ini kami kompak di sini, dengan didoakan habib, kami semakin kompak, tak ada persoalan di Sumut, sampaikan ke seluruh dunia, Sumut ini kompak, " ujar Edy Rahmayadi pada pelepasan peserta Kirab Merah Putih tersebut.

Edy mengharapkan, kegiatan kirab tersebut dapat semakin mengobarkan semangat persatuan dan kesatuan kepada masyarakat Indonesia, khususnya Sumut. "Insya Allah, silaturahmi ini, dengan doa kita bersama, Insya Allah berkah kekompakan ini, " kata Edy.

Edy pun mendoakan Habib Lutfhi selalu diberkahi dan panjang umur. "Kita selama ini banyak melihat beliau di TV, beliau ini orang sufi, orang yang taat kepada Tuhan, Insya Allah diberkahi, panjang umur, " ujarnya.

Walikota Medan Bobby Nasution menyebutkan masyarakat Kota Medan sangat beragam suku, agama dan budayanya. Ia sangat bersyukur Kirab Merah Putih diadakan di Kota Medan. Diharapkan kirab tersebut dapat memupuk rasa persatuan masyarakat Kota Medan.

"Atas nama masyarakat Kota Medan, saya mengucapkan selamat datang Habib Lutfhi di Kota Medan, kota yang terkenal dengan miniatur Indonesia, ragam suku dan ragam agama," kata Bobby.

Kirab Merah Putih tersebut diselenggarakan Forum Komunikasi Lintas Umat bersama Forkopimda Sumut. Turut Hadir pada kesempatan tersebut Kapolda Sumut RZ Panca Putra Simanjuntak, Pangdam I/BB Achmad Daniel Chardin, Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting, dan Sultan Deli Mahmud Aria Lamantjiji Perkasa Alam.