BEM UI Dipanggil Gegara Meme Jokowi, Humas: Bagian Dari Pembinaan

Meme Presiden Joko Widodo yang diunggah akun media sosial Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI)/Repro
Meme Presiden Joko Widodo yang diunggah akun media sosial Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI)/Repro

Meme Presiden Joko Widodo yang dilengkapi dengan tulisan 'The King of Lip Service' yang diunggah pada media sosial Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) berujung pemanggilan terhadap pihak BEM oleh pihak Rektorat UI.


Kepala Humas UI, Amelita Lusia dalam keterangan tertulisnya, Minggu (27/6/2021) mengakui adanya pemanggilan tersebut. Pimpinan kampus menurutnya menindaklanjuti munculnya meme yang dinilai tidak tepat dalam menyampaikan pendapat.

"Pemanggilan ini adalah bagian dari proses pembinaan kemahasiswaan yang ada di UI," ujar Kepala Humas UI, Amelita Lusia dalam keterangan tertulisnya, Minggu (27/6/2021).

Amelita juga menampik tudingan pembatasan kebebasan berpendapat kepada mahasiswanya. Pada dasarnya, UI menghormati kebebasan berpendapat asal sesuai aturan.

"Presiden merupakan simbol negara, (digambarkan) mengenakan mahkota dan diberi teks Jokowi: The King of Lip Service, juga meme lainnya dengan teks 'Katanya Perkuat KPK Tapi Kok?' dan lain-lain bukanlah cara menyampaikan pendapat yang sesuai aturan yang tepat," tandasnya.