Belum Tetapkan Capres-Cawapres, Pengamat: KIB Masih Seputar ‘Drama Koalisi Para Ketum’

Ketum Parpol Koalisi Indonesia Bersatu/RMOL
Ketum Parpol Koalisi Indonesia Bersatu/RMOL

Meski sudah terbentuk dan ramai menjadi pembicaraan dalam perpolitikan jelang Pemilu 2024, namun Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang terdiri dari Golkar, PPP dan PAN tidak lebih dari sekedar koalisi para ketua umum-nya saja.


Sebab, hingga saat ini tidak kunjung ada kesepakatan yang mengarah pada sosok yang akan diusung untuk maju menjadi calon presiden maupun wakil presiden.

“KIB itu masih koalisi para ketum, belum partai. Karena belum ada tata tertib dan notulensi formal dari setiap pertemuan. Jangan terjebak dengan drama yang mereka mainkan,” kata pengamat sosial dan politik, Dr Bakhrul Khair Amal kepada Kantor Berita Politik, RMOLSumut, Rabu (3/8/2022).

Dalam politik kata Bakhrul, sebuah koalisi yang dibentuk biasanya sudah mengarah pada berbagai kesepakatan yang kemudian akan menjadi sebuah keputusan yang dilaksanakan hingga ke akar rumput. Hal ini mengingat koalisi dibentuk atas dasar kesepakatan untuk tujuan bersama.

“Dalam hal ini konteksnya kan Pilpres 2024, jadi tentu harusnya mengarah pada penentuan sosok yang disepakati bersama untuk diusung dan dimenangkan. Namun sampai sekarang yang kita tau belum ada kesepakatan dari koalisi untuk mengusung siapa,” ungkapnya.

Partai Golkar memang sudah menetapkan bahwa ketua umum mereka Airlangga Hartarto akan menjadi sosok yang mereka usung untuk maju di Pilpres 2024. Akan tetapi, kepastian mengenai apakah Airlangga akan memenuhi syarat untuk maju tetap masih menunggu koalisi partai politik.

“Maka dari itu, belum adanya hal yang dirapatkerjakan dalam koalisi itu membuat masih terbuka kemungkinan munculnya sosok lain di luar koalisi yang akan menjadi calon presiden. Sejauh ini kita masih melihat ini drama saja, kita harus cerdas menggambarkan data dan fakta yang terjadi,” pungkasnya.