Belum Bergerak Pasca Deklarasikan Anies, Surya Paloh Masih Wait and See

Surya Paloh saat deklarasi Anies Baswedan bakal calon presiden/Net
Surya Paloh saat deklarasi Anies Baswedan bakal calon presiden/Net

Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh belum terlihat melakukan pergerakan khusus pasca mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden dari Nasdem.


Hal ini berbeda dengan apa yang dilakukan Anies yang sudah memulai safari politik dengan menemui beberapa ketua partai politik seperti Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Dari kacamata pengamat politik dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Dedi Kurnia Syah, Surya Paloh belum terlihat intens menemui elite parpol karena sebelum menentukan mengusung Anies, dia sudah banyak bertemu dengan elite.

Paloh kini masih wait and see sebelum melakukan langkah politik berikutnya.

“Sehingga telah mengetahui pilihan politik masing-masing partai,” kata Dedi Kurnia kepada Kantor Berita Politik RMOL beberapa saat lalu, Sabtu (15/10).

Sementara langkah safari politik Anies dinilai penting dilakukan sebagai penjajagan visi misi serta gagasan politik ke elite politik.

“Bukan soal Anies kerja sendiri, tapi memang kebutuhannya demikian,” katanya.

Lebih lanjut, Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) ini meyakini bahwa dalam waktu tertentu, Surya Paloh akan lakukan pertemuan dengan calon mitra potensial.

“Demokrat dan PKS misalnya, ini pertemuan dalam rangka persiapan deklarasi bersama. Meski Anies diberi kewenangan menentukan cawapresnya, tidak lantas Anies kuasa memilih, tetap saja elite koalisi akan mengarahkan," tandasnya.