Badko HMI Sumut: Merdekakan Indonesia Dari Covid-19 Bukan Dengan Acara Seremonial

Alwi Hasbi Silalahi (kanan) di lokasi vaksinasi massal Gedung Serbaguna Pancing beberapa waktu lalu/RMOLSumut
Alwi Hasbi Silalahi (kanan) di lokasi vaksinasi massal Gedung Serbaguna Pancing beberapa waktu lalu/RMOLSumut

Upaya untuk menuntaskan pandemi covid-19 harus dilakukan dengan mengesampingkan unsur seremonial.


Kritik ini disampaikan Ketua Umum Badan Kordinasi Himpunan Mahasiswa Islam Sumatera Utara (BADKO HMI Sumut), M. Alwi Hasbi Silalahi atas berbagai program pemerintah dalam rangka pengentasan pandemi covid-19.

"Cara yang terjadi saat ini terkesan mengedepankan hal seremonialnya saja. Hal ini yang kerap memicu kerumunan yang tidak terbendung seperti yang terjadi di Gedung Serbaguna Pancing beberapa waktu lalu. Yang terbaru adalah kericuhan di Binjai," katanya kepada RMOLSumut, Senin (16/8/2021).

Menurut Alwi, mengedepankan unsur seremonial dibanding dengan mengerjakan program pengentasan masalah pandemi covid merupakan hal yang akan membuat tujuan dari program itu sendiri tidak akan mudah dicapai. Sebab, para pejabat dalam kegiatan tersebut terkesan lebih berupaya menonjolkan diri dibanding kinerja. Melepaskan kepentingan seremonial dalam hal vaksinasi misalnya lewat pelaksanaan vaksinasi door to door menurutnya merupakan konsep yang sangat tepat.

"Vaksinasi door to door atau per lingkungan itu akan lebih efektif untuk mencapai herd immunity," pungkasnya.

Secara keseluruhan menurutnya pelaksanaan vaksinasi ini harus terus dievaluasi. Hal ini untuk memastikan vaksinasi berjalan dengan baik dan tujuannya tercapai dengan benar.