Audiensi Ke Plt Kadis Kesehatan Kota Medan, DPD Aspphami Sumut Minta Tenaga Disinfektan Dibekali Pelatihan

Pengurus DPD ASPPHAMI Sumut beraudiensi dengan Plt Kadis Kesehatan Kota Medan/Ist
Pengurus DPD ASPPHAMI Sumut beraudiensi dengan Plt Kadis Kesehatan Kota Medan/Ist

Disinfektasi atau treatment disinfektan pada berbagai fasilitas yang digunakan dalam penanggulangan covid-19 seperti ruang isolasi pada rumah sakit hingga fasilitas isolasi terpusat (isoter) menjadi salah satu hal yang penting untuk dilakukan secara berkala.


Hal ini menjadi bagian dari upaya mempercepat penanganan virus tersebut.

Hal ini menjadi topik pembicaraan yang disampaikan oleh pengurus DPD Asosiasi Perusahaan Pengendalian Hama Indonesia (ASPPHAMI) Sumatera Utara saat beraudiensi dengan Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan, Mardohar Tambunan.

"Kami dari DPD ASPPHAMI Sumatera Utara siap untuk membantu Pemko Medan dalam pelaksanaan disinfektasi tersebut," kata Ketua DPD ASPPHAMI Sumut, Wesley Sianipar didampingi Wakil Ketua Wilson Daulay, Sekretaris Andi Hidayat dan Zulfan, Selasa (7/9/2021).

Wesley menjelaskan, pelaksanaan disinfektasi sekilas terlihat sangat mudah dilakukan lewat penyemprotan disinfektan pada fasilitas-fasilitas yang ada. Akan tetapi menurutnya, banyak faktor yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan disinfektasi tersebut agar hasilnya maksimal.

"Ini yang ingin kita pahamkan bahwa pelaksanaan disinfektasi itu akan berhasil jika dilakukan oleh orang yang memiliki keahlian khusus. Karena tidak sesederhana yang terlihat, hanya disemprot dengan menggunakan disinfektan. Memberikan pengetahuan inilah yang menjadi bagian dari kami dari DPD ASPPHAMI Sumut," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wesley juga menyampaikan bahwa mereka akan melakukan beberapa kegiatan dalam waktu dekat seperti penyemprotan disinfektan pada rumah-rumah ibadah. Mereka juga akan melakukan berbagai pelatihan untuk mempersiapkan tenaga profesional dalam pengendalian hama di tengah masyarakat. Mereka berharap, Pemko Medan berkontribusi dalam hal tersebut.

Menanggapi hal ini, Plt Kadis Kesehatan Kota Medan dr Mardohar Tambunan menyambut baik berbagai rencana kegiatan dari DPD ASPPHAMI Sumut tersebut. Ia sepakat bahwa pelaksanaan disinfektasi harus dilakukan oleh tenaga ahli.

"Kita tentu sangat mendukung upaya-upaya untuk mengentaskan persoalan pandemi covid-19 ini. Kerjasama dengan DPD ASPPHAMI Sumut dalam mempersiapkan tenaga-tenaga ahli dalam melaksanakan disinfektasi ini kami kira sangat strategis untuk membantu pemerintah dalam mengatasi persoalan ini," pungkasnya.