Assesment Job Fit Ajang Pemetaan Kompetensi Pejabat Eselon IIB Pemko Medan

Sekda Kota Medan Wirya Al Rahman/Ist
Sekda Kota Medan Wirya Al Rahman/Ist

Pemko Medan menggelar Assesment Job Fit kepada jajarna pejabat Eselon IIB.


Pemetaan ini dilakukan guna memetakan kompetensi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Kegiatan yang digelar Badan Kepegawaian Daerah Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKDPSDM) Kota Medan ini, diikuti sebanyak 37 PNS Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Eselon IIB di lingkungan Pemko Medan.

Pelaksanaan uji kompetensi ini ditinjau Wali Kota Medan diwakili Sekda Kota Medan Wiriya Alrahman dan peserta ujian dibagi dalam dua ruangan. Di hadapan para pejabat yang mengikuti assassment tersebut, Wiriya menjelaskan, tujuan digelarnya kegiatan ini guna mendapatkan pemetaan tentang bagaimana sebenarnya kondisi pemahaman seluruh pejabat eselon IIB terhadap tugas pokok dan fungsi (tupoksi) yang diemban masing-masing.

“Sesuai dengan keputusan Pak Wali, pejabat eselon IIB harus melakukan uji kompetensi. Tujuannya untuk mendapatkan pemetaan tentang kondisi pemahaman seluruh  pejabat terhadap tupoksinya masing-masing dalam rangka menjalankan visi misi Wali Kota Medan sesuai dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026,” kata Wiriya didampingi Plt Kepala BKDPSDM Kota Medan Sutan Tulang Lubis,” ungkap Wirya Alrahman kepada seluruh peserta assessment.

Wiriya selanjutnya menjelaskan, 37 pejabat akan mengikuti uji kompetensi dalam dua tahap. Tahap pertama, ungkapnya, mengikuti uji giat (assessment) yang dilakukan di Fakultas Psikologi USU. Sedangkan tahap kedua, imbuhnya, mengikuti wawancara yang akan berlangsung selama tiga hari di Kantor Wali Kota Medan yang diseleksi langsung oleh Panitia Seleksi.

  “Hasil akhir dari uji kompetensi ini nantinya akan diserahkan kepada Bapak Wali Kota untuk selanjutnya dilakukan pemetaan. Dengan demikian diketahuilah bagaimana pemahaman para pejabat di lingkungan Pemko Medan. Di samping itu juga untuk melihat apakah para pejabat tersebut masih cekatan dalam menjalankan tupoksinya. Untuk itu kami berharap agar peserta uji kompetensi ini nantinya mendapatkan nilai yang bagus,” harapnya.