Arifin Saleh Kembali Diberi Amanah Dekan FISIP UMSU 2021-2025 

Arifin Saleh Siregar bersama rektor UMSU DR Agussani/RMOLSumut
Arifin Saleh Siregar bersama rektor UMSU DR Agussani/RMOLSumut

Dr. Arifin Saleh, S.Sos, MSP kembali diberi amanah sebagai Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (FISIP UMSU) Masa Jabatan 2021-2025.


Pemberian amanah tersebut ditandai dengan acara Pelantikan Direktur Pascasarjana dan Dekan di lingkungan UMSU yang langsung dilakukan Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani, MAP, Senin (25/10) di aula kampus Pascasarjana UMSU, Jalan Denai, Kota Medan. 

Pelantikan dilaksanakan secara luring menghadirkan BPH UMSU, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumut, pimpinan universitas, wakil dekan, dan ketua program studi dengan dengan protokol kesehatan yang ketat. Kegiatan juga dirangkai secara daring dengan zoom metting menghadirkan keluarga dekan, dosen dan tendik, serta Ketua Majelis Litbang Dikti PP Muhammadiyah, Prof. Dr. Lincolin Arsyad yang juga diberi kesempatan menyampaikan kata sambutan.

“Mari melaksanakan amanah ini sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang ada pada Statuta UMSU. Semua dekan harus menjadi ‘petarung’ guna memenangkan kompetisi dan mewujudkan UMSU sebagai perguruan tinggi yang unggul dan berkelas internasional,” cetus Rektor Prof. Agussani dalam sambutannya. 

Agussani juga menjelaskan tugas-tugas penting Direktur Pascasarjana dan Dekan untuk melakukan tata kelola fakultas dengan baik. Dijelaskan,  ada tujuh aspek strategi penting UMSU yang harus dilaksanakan, yakni tata kelola institusi, pengabdian masyarakat, sarana dan prasarana, pendidikan bermutu, penelitian berkualitas, jaringan dan kerja sama, serta kualitas lulusan.

Arifin Saleh menyambut positif penjelasan Rektor tersebut. “Dengan arahan bimbingan dari Rektorat dan kerja sama dengan wakil dekan, pimpinan program studi dan dukungan civitas akademika FISIP UMSU serta semua pihak, saya siap mengemban amanah Dekan FISIP periode 2021-2025 ini dan berusaha maksimal melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya,” ujar Arifin Saleh kepada wartawan, usai pelantikan. 

Sebelumnya, Arifin sudah diberi amanah sebagai Dekan FISIP tahun 2018-2021. Dalam periode itu, tiga program studi yang ada di FISIP, yakni Kesejahteraan Sosial, Ilmu Komunikasi, dan Ilmu Administrasi Publik berhasil meraih Akreditasi A dari BAN PT. Beberapa minggu kemarin, Ilmu Komunikasi sudah memperoleh Akreditasi Unggul dari BAN PT. Ke depan, Arifin juga berharap dua prodi lainnya juga bisa mendapatkan Akreditasi Unggul. 

Arifin Saleh yang juga pernah menjabat Wakil Direktur Pascasarjana UMSU ini sudah tercatat sebagai dosen di FISIP UMSU sejak tahun 2005, dengan status Dosen LLDikti dpk FISIP UMSU. Pria yang menamatkan studi S1, S2, dan S3 dari Universitas Sumatera Utara ini juga pernah mendapat amanah sebagai Sekretaris Prodi dan Ketua Prodi Kesejahteraan Sosial.