Antusias Warga Tinggi, Kabinda Sumut Yakin Vaksinasi 'Door to Door' Percepat Capaian Herd Immunity

Tim BIN mengajak warga untuk mengikuti vaksinasi massal 'door to door' di Medan Tuntungan/RMOLSumut
Tim BIN mengajak warga untuk mengikuti vaksinasi massal 'door to door' di Medan Tuntungan/RMOLSumut

Antusias warga untuk mendapatkan vaksin covid-19 sangat tinggi pada pelaksanaan vaksinasi dengan sistem door to door atau dari pintu ke pintu yang diprogramkan oleh Badan Intelijen Negara (BIN) di Kota Medan.


Antrian warga masih terlihat saat pelaksanaan vaksinasi tahap lanjutan yang digelar hari ini pada dua lokasi yakni di Medan Helvetia dan Medan Tuntungan.

"Antusian warga sangat tinggi, target vaksinasi kita sesuai capaian," kata Kepala BIN Daerah Sumatera Utara, Brigjen TNI Asep Jauhari Puja Laksana, Kamis (19/8/2021).

Asep menjelaskan, konsep vaksinasi massal 'door to door' ini mereka lakukan mengingat banyaknya warga yang enggan untuk mendapatkan vaksin karena lokasi vaksinasinya jauh. Dengan konsep ini, personil BIN mendekatkan fasilitas vaksin dan vaksinator ke pemukiman warga.

"Kita datangi pemukiman warga padat penduduk, kita ketuk rumahnya satu persatu untuk meyakinkan bahwa vaksin ini aman dan halal," ungkapnya.

Ia berharap program yang digagas BIN ini menjadi salah satu pioner dalam pelaksanaan vaksinasi guna mencapai tujuan pemerintah menciptakan herd immunity masyarakat Indonesia.

"Kita berharap lewat vaksinasi ini Indonesia segera mencapai herd immunity dan Indonesia terbebas dari covid-19," pungkasnya.

Pelaksanaan vaksinasi massal dengan konsep 'door to door' di Medan Tuntungan menajdi tahapan lanjutan program BIN setelah sebelumnya menggelarnya di Medan Helvetia. Pada pelaksanaan vaksinasi ini tim BIN yang dipimpin Kolonel Jonny Marpaung didampingi Ibu Budiasih, Lurah Tanjung Selamat, Medan Tuntungan, mengetuk pintu warga dari rumah ke rumah, untuk mengajak masyarakat menjalani screening untuk divaksin.