Antisipasi Peningkatan Kasus Positif Covid-19, Bobby Nasution Perbanyak Layanan Vaksinasi

Bobby Nasution meninjau vaksinasi beberapa waktu lalu/Ist
Bobby Nasution meninjau vaksinasi beberapa waktu lalu/Ist

Pemeritnah Kota Medan meningkatkan upaya antisipasi kenaikan covid-19.


Hal ini dilakukan dengan menggencarkan kembali program vaksinasi terutama untuk vaksin dosis ketuga (booster).

Berdasarkan data yang diperoleh dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Medan, Jumat (12/8),  kasus terkonfirmasi Covid-19 pada 10 Agustus 2022 sebanyak 44 kasus perhari, sedangkan 11 Agustus 2022 naik satu kasus sehingga menjadi 45 kasus perhari. Oleh karenanya Bobby Nasution minta seluruh jajaran terkait untuk menyikapi peningkatan tersebut.

 “Mengingat kondisi pandemi Covid-19 yang masih melanda, kami mengimbau semua pihak yang ingin mengadakan acara untuk menghadirkan layanan suntik vaksin, terutama booster. Sampaikan saja ke Pemko Medan, nanti melalui OPD terkait kita hadirkan vaksinatornya,” kata Bobby Nasution.

Sementara itu berdasarkan data  yang juga diperoleh dari Dinkes disebutkan, capaian vaksinasi yang telah dilakukan pertanggal 11 Agustus 2022, total cakupan vaksinasi untuk dosis pertama sudah mencapai 88,90 persen. Sedangkan untuk dosis kedua ( 78,97 persen) dan dosis ketiga sudah berada di angka 31,74 persen.

Guna mendukung percepatan vaksinasi yang dilakukan, Pemko Medan  melalui Dinas Kesehatan Kota Medan  telah membuka lokasi vaksinasi di seluruh puskesmas yang ada di Kota Medan. Kemudian, bekerjasama dengan rumah sakit dan klinik  yang siap untuk melayani masyarakat mendapatkan suntikan vaksin.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan, Kamis (18/8), ada pun rumah sakit yang siap untuk memberikan pelayanan suntikan vaksin yakni RS Colombia, RSU Delima, RSU Bunda Thamrin,  RSU Siti Hajar, RS Bhayangkara, RS Eshmun, RS Putri Hijau, RSU Bhakti, RSU Advent, RSIA Rosiva, RSIA Artha Mahinrus, RS Royal Prima Marelan, RSU Martha Friska Multatuli, RSU Mitra Sejati, RSU Mitra Medica Amplas, RS Jiwa Prof Dr M Ildrem, RSUP H Adam Malik.

Untuk klinik meliputi Klinik Mindamora, Klinik Medan Medical Centre, Klinik Kosekhanudnas III, Klinik Kurnia  Mega Mas, Klinik Pratama Sikes Yon Zipur I/DD, Klinik Katama Kodim 0201, Klinik Pratama Yonkaf 6/NK dan Siloam Clinic Medan.

Sedangkan untuk puskesmas, layanan vaksin di seluruh puskesmas se Kota Medan dipastikan layanan tersebut tersedia.