Anthony Ginting Buka Peluang Indonesia Bawa Pulang Piala Thomas

Anthony Sinisuka Ginting/Net
Anthony Sinisuka Ginting/Net

Pebulutangkis tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting membuka peluang bagi tim Indonesia untuk membawa pulang piala Thomas ke tanah air.


Anthony berhasil menuntaskan perlawanan dari Lu Guangzu pada partai pertama turnamen beregu putra tersebut lewat pertandingan 3 set, 18-21, 21-14 dan 21-16 di Ceres Arena, Aarhus, Minggu (17/10/2021)

Lu Guangzu yang diturunkan pada partai pertama menggantikan Shi Yuqi cedera saat melawan Kento Momota pada laga semi final kemarin memberikan perlawanan sengit kepada Ginting. Meski berperingkat jauh dibawah Ginting, namun Lu yang kini menempati ranking 27 BWF ini kerap membuat Ginting yang berperingkat 5 BWF kewalahan. Terbukti, set pertama ia tampil sangat dominan sehingga menyulitkan Ginting mengembangkan permainan.

Permainan Lu terlihat menurut di set kedua. Ia kerap melakukan kesalahan akibat kombinasi bola-bola Ginting yang kerap sulit dijangkaunya. 

Di set ketiga, Lu masih terus melakukan perlawanan. Namun, Ginting sepertinya tidak ingin kehilangan poin lagi dan terus menekan Lu. Kombinasi bola-bola silang dan permainan net yang menjadi ciri khas Ginting membuat Lu beberapa kali tidak mampu menjangkau bola di area permainannya.

Alhasil, Anthony yang terus unggul peroleh poin di set ketiga berhasil menutupnya dengan skor 21-16. Tim Indonesia tinggal membutuhkan 2 kemenangan lagi untuk menjuarai turnamen Thomas Cup 2021.