Anies Baswedan Berharap JMSI DKI Jakarta Beri Warna Berbeda di Komunitas Pers

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berfoto bersama Ketum JMSI Teguh Santosa pada Pelantikan Pengda JMSI DKI Jakarta/Ist
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berfoto bersama Ketum JMSI Teguh Santosa pada Pelantikan Pengda JMSI DKI Jakarta/Ist

Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) mendapat apresiasi khusus dari Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.


Apresiasi ini ia sampaikan saat berbicara pada pelantikan kepengurusan Pengda JMSI DKI Jakarta pada Selasa, (2/8/2022). Menurutnya, kualitas dan kapasitas jajaran kepengurusan di tubuh JMSI mulai dari pusat hingga ke daerah akan membuat organisasi ini mampu memberi warna baru pada komunitas pers tanah air.

"Kehadiran JMSI di Jakarta diharapkan dapat menjadi mitra strategis pemerintah dalam menjaga ekosistem pers. Selain itu juga, JMSI bisa membantu mengedukasi masyarakat akan pentingnya mencari infomasi dari sumber media yang kredibel dan terverifikasi, terutama dalam menguatkan kepercayaan publik dalam berdemokrasi,” katanya.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menjelaskan, JMSI merupakan salah satu komponen penting dalam mendukung kebebesan pers di era digital. Untuk itu, menurutnya, sangat penting bagi pemerintah mewadahi komunitas pers seperti JMSI guna melahirkan ekosistem informasi yang sehat, profesional dan independen.

“Izinkan dalam kesempatan ini mengucapkan selamat kepada jajaran pengurus JMSI Jakarta yang baru saja dilantik hari ini. Semoga kepengurusan ini kolaboratif dalam mewujudkan komunitas pers yang sehat di Jakarta,” harapnya.

Dalam acara pengukuhan, ketua JMSI DKI Jakarta Fahd Pahdepie mengaku siap mengemban amanah yang dihaturkan kepadanya. Tak hanya itu, JMSI juga akan berusaha membawa ekosistem dunia media menjadi lebih baik.

Satu hal yang menurutnya penting adalah membawa ekosistem pers ke arah yang bersifat lebih solutif dan menjadi jawaban bagi persoalan di tengah masyarakat, bangsa dan negara.

"Yang tak kalah penting adalah not just logic but also empathy. Jadi Kita harus membuka bagaimana media tidak hanya berfokus dengan apa logic-nya, tapi harus ada empati. Selain empati juga harus ada solusi di masyarakat, menjadi jawaban dari banyak keresahan, dan jadi pencerah di masyarakat,” tegas Fahd.

Sebagai informasi, dalam pelantikan pengurusan JMSI DKI Jakarta, turut hadir pula para tamu termasuk Ketua Umum JMSI Pusat, Teguh Santosa. Selain itu JMSI dari seluruh Indonesia, bahkan dari rekan-rekan PWI DKI Jakarta yang dipimpin oleh Sayid Iskandarsyah.