Aktif Suarakan Wisata Tangkahan-Bukit Lawang, Musa Rajekshah: Wisata Alam Incaran Dunia Internasional

Wagub Sumut Musa Rajekshah/RMOLSumut
Wagub Sumut Musa Rajekshah/RMOLSumut

Wisata Tangkahan dan Bukit Lawang terus disuarakan oleh Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah.


 Ia bahkan melakuan roadshow ke beberapa kementerian untuk meminta dukungan dalam pengembangan wisata yang terletak di Kabupaten Langkat tersebut.

"Kenapa Tangkahan dan Bukit Lawang, karena itu sudah menjadi destinasi wisatawan manca negara selama ini. Di sana ada hutan, orangutan, ini yang buat kita berfikir pemerintah agar mendorong ini. Bahkan wisatawan lokal juga sudah mencari wisata alam," katanya kepada wartawan, Jumat (14/1/2022).

Ijeck menjelaskan, sejauh ini ia sudah menjalin komunikasi dengan beberapa menteri untuk mendorong pengembangan wisata Tangkahan-Bukit Lawang ini seperti Kementerian Pariwisata, Kementerian LHK, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi. Kedepannya ia juga mengaku akan membawa hal ini ke Kementerian BUMN dan Kementerian PUPR.

"Karena pengembangan wisata ini juga membutuhkan dukungan infrastruktur dan pendampingan masyarakat dalam pengembangan usaha mereka," ungkapnya.

Ijeck memberi gambaran dalam pengembangan wisata di kawasan Bororbudur yang dikunjunginya beberapa waktu lalu. Konsep pendampingan masyarakat dalam mengembangkan usaha pada kawasan-kawasan wisata menurutnya menjadi bagian penting agar dukungan terhadap pengembangan objek wisata datang dari masyarakat.

"Masyarakat sekitar harus merasakan manfaat pengembangan wisata. Kalau tidak tentu akan ada penolakan," pungkasnya.