Akhyar Nasution Tak Disuntik Vaksin Covid-19

Akhyar Nasution/RMOLSumut
Akhyar Nasution/RMOLSumut

Proses penyuntikan vaksin covid-19 di Kota Medan mulai dilakukan, hari ini, Jumat (15/1). Penyuntikan ini dilakukan secara simbolis yang diawali dengan penyuntikan vaksin kepada unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kota Medan di Gedung Serbaguna PKK Kota Medan.


Penyuntikan vaksin ini dihadiri oleh Plt Walikota Medan Akhyar Nasution yang tidak ikut menerima suntikan vaksin.

"Saya memang tidak menerima suntikan vaksin karena istilahnya saya ini penyintas, sudah pernah terpapar covid-19," katanya kepada wartawan.

Akhyar menjelaskan, proses vaksinasi di Kota Medan akan dilakukan sesuai dengan anjuran pemerintah pusat dimana tenaga kesehatan (nakes) menjadi pihak yang mendapat prioritas. Total ada 10 ribu orang yang akan mendapatkan vaksin tersebut pada tahap pertama ini.

"Kita ada 10 ribu warga Medan yang mendapat vaksin, kita utamakan tenaga kesehatan. Mereka divaksin dua kali sehingga kita mendapat jatah saat ini sebanyak 20 ribu vial vaksin," ungkapnya.

Kota Medan menjadi salah satu kota prioritas pelaksanaan vaksi covid 19 di Sumatera Utara bersama Binjai dan Deli Serdang. Hal ini karena data penyebaran covid-19 terbanyak terjadi pada tiga kota ini. Meski demikian, pelaksanaan vaksinasi covid-19 dipastikan akan tetap dilakukan pada daerah lain di Sumatera Utara.