Akhir Pekan IHSG Rawan Tertekan, Rupiah Masih Melemah

Gunawan Benjamin/RMOLSumut
Gunawan Benjamin/RMOLSumut

Kinerja pasar keuangan di akhir pekan bergerak variatif. IHSG dibuka menguat menembus level 5.600, tepatnya di level 5.602,78. Sementara mata uang rupiah terpantau masih melemah di level 14.166 per US Dolar. Setelah sempat di buka di level 14.160 per US Dolar.


Di pasar saham, pelaku pasar harus melihat kebelakang manakala IHSG menyentuh level psikologis. Dimana secara teknikal IHSG kerap mengalami tekanan saat IHSG menembus level psikologis setelah sekian waktu lamanya. Apalagi ditengah minimnya sentiment belakangan ini.

"Dari perkembangan kinerja ekonomi, saya melihat potensi ekonomi tumbuh akan menghadapi sejumlah tantangan nantinya. Penyebaran Covid19 di banyak negara besar berpotensi merubah ekspektasi pemulihan yang selama ini kita harapkan mulai terjadi di kuartal keempat," kata pengamat ekonomi, Gunawan Benjamin, Jumat (20/11).

Untuk itu, lagi-lagi sikap waspada akan tetap diambil oleh investor. Sembari menunggu arah kebijakan dari Presiden AS yang baru terkait dengan kebijakan ekonomi AS kedepan.