Airlangga: Vaksinasi Ibu Hamil Tak Hanya di Jakarta, Juga 10 Provinsi dan 11 Kota

Menko Airlangga Hartarto meninjau Kegiatan Vaksinasi Ibu Hamil di Pendopo Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (19/8)./Dok
Menko Airlangga Hartarto meninjau Kegiatan Vaksinasi Ibu Hamil di Pendopo Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (19/8)./Dok

Vaksinasi untuk ibu hamil tidak hanya digelar di ibukota DKI Jakarta. Program serupa juga dilakukan di 10 provinsi dan 11 kota lainnya di Indonesia.


Saat meninjau peluncuran kegiatan Vaksinasi Ibu Hamil di Pendopo Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (19/8),  Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto mengatakan, vaksinasi untuk ibu hamil dibutuhkan untuk menjaga keselamatan generasi penerus Indonesia.

“Vaksinasi bisa melindungi ibu hamil dan bayinya dari infeksi Covid-19,” ujar Airlangga yang didampingi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Kepala BKKBN Hasto Wardoyo.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian itu mengatakan, program Vaksinasi Ibu Hamil ini sudah mendapat lampu hijau dari Kementerian Kesehatan. Bahkan, program ini menjadi salah satu akselerasi atau percepatan agar Indonesia segera mencapai kekebalan kelompok (herd imunity).

Airlangga yang juga Ketua Umum DPP Partai Golkar ini juga menyampaikan dukungan partainya  untuk mencapai target kekebalan kelompok terhadap Covid-19. Hal itu diwujudkan dalam bentuk penyerahan secara simbolis sertifikat Yellow Clinic Partai Golkar kepada Gubernur DKI Jakarta.

“Partai Golkar akan terus mendukung kegiatan vaksinasi masyarakat,” ujar Airlangga.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku senang dengan capaian vaksinasi terhadap ibu hamil. Anies mengatakan, antusias ibu hamil untuk mendapat vaksin Covid-19 cukup tinggi.

Anies mengatakan, hingga saat ini sudah ada ribuan ibu hamil mendapat suntikan vaksin dosis pertama.

"Di Jakarta sendiri pada saat ini sudah tercatat 1.754 ibu hamil yang telah mendapatkan vaksinasi dosis pertama," tandas Anies.