AHY Bangga Jadi Bagian Keluarga Besar Marga Simanjuntak

Agus Harimurti Yudhoyono/RMOLSumut
Agus Harimurti Yudhoyono/RMOLSumut

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) hadir meresmikan pembangunan Tugu Makam Raja Simanjunyak di Desa Hutabulu, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba,  Sabtu (24/9).


AHY yang juga Ketua Umum Partai Demokrat turut didampingi Bendahara Umum Renville Antonio, Deputi Balitbang DPP Partai Demokrat Syahriah Nasution.

Hadir juga Ketua DPD Partai Demokrat Sumut Lokot Nasution, Sekretaris Yudha Johansyah, Bendahara Tondi Ronitua beserta pengurus dan kader Partai Demokrat Sumut.

Kehadiran putra Presiden RI Ke-6 itu disambut hangat warga desa yang berduyun-duyun turut menyaksikan acara tersebut.

AHY dalam sambutannya mengungkapkan rasa bahagia dan bangga menjadi bagian Keluarga Simanjuntak. "Saya mengucapkan terima kasih atas sambutan seluruh warga desa. Saya juga sangat bersyukur dan bangga menjadi keluarga Simanjuntak," ujarnya disambut tepuk tangan warga Desa Hutabulu, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba.

"Saudara-saudara saya keluarga Simanjuntak, saya sangat kagum bahwa Marga Simanjuntak telah melahirkan keturunan-keturunan hebat. Keturunan Simanjuntak telah tersebar di seluruh nusantara hingga luar negeri," sebutnya.

"Mungkin saudara-saudara saya sudah tahu, istri saya Anisa Pohan. Insya Allah di lain kesempatan, saya akan membawa istri saya ke desa ini. Karena di sini adalah tempat leluhur istri saya," ungkap AHY.

Sementara itu Ketua Panitia Pembangunan Tugu Raja Simanjuntak, Pardomoan Nauli Simanjuntak, mengatakan rasa suka cita menyambut kedatangan AHY. "Kami sambut kedatangan 'hela' kami, menantu kami Marga Simanjuntak di Tugu Raja Simanjuntak ini," ungkapnya.

"Kami sungguh tidak menyangka, seorang tokoh nasional, hela kami, menantu kami Agus Harimurti Yudhoyono bisa hadir di desa kami, dan menyapa warga tanpa batas. Tidak da jarak dengan masyarakat yang ada di sini," kata Pardomoan Simanjuntak.

Pardomoan menyebut, ciri khas Marga Simanjuntak yang sangat menyayangi hela-nya. "Jadi jangan heran, Marga Simanjuntak itu sangat menyayangi hela-nya, bahkan lebih dari anak kandungnya sendiri. Itulah yang menjadi ciri khas Simanjuntak," katanya.

Pada kesempatam itu, Ketua DPD Partai Demokrat Sumut, Lokot Nasution, menambahkan AHY sudah lama ingin ditunjukkannya. "Bahwa beliau adalah bagian dari orang Batak, bagian dari orang Sumatera Utara. Orang sudah melihat, AHY itu suami dari Boru Batak, dari Boru Pohan. Jadi beliau datang selain menhadiri acara komumitas yang dia dirikan, Overlanding ini, dia ingin menunjukkan dirinya sebagai Anak Boru orang Batak," jelasnya.

"Terkait ketokohan sosok AHY, seperti yang disampaikan ketua-ketua adat tadi, mereka sangat menyayangi AHY, itulah yang kita harapkan. Tapi ini bukan hanya di Marga Simanjuntak saja kan sebenarnya, kita pun kalau orang sayang sama kita, kita kan juga pasti sayang sama orang," kata Lokot lagi.

Selain meresmikan pembangunan Tugu Makam Raja Simanjuntak, AHY juga berziarah di makam tersebut dan langsung menyapa ratusan warga desa yang hadir. Bahkan, warga bergantian antusias mengabadikan moment kehadiran AHY dengan foto bersama.

Usai kunjungan ke Desa Hutabulu, AHY bersama rombongan langsung pergi menuju lokasi Jambore Otomotif Indonesia, di kawasan Danau Toba, tepatnya di Pantai Pakkodian, Desa Lintong Nihuta, Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba.

Di lokasi tersebut AHY mengikuti camping bersama ratusan peserta dari berbagai komunitas pecinta alam. Dilanjutkan dengan aksi bersih pantai, pada Minggu (25/9).