Ada Pembersihan Tebing Bekas Longsor, Besok Jalur Medan-Berastagi Tutup Selama 4 Jam

Kepala BPBD Deli Serdang Zainal Abidin Hutagalung memberikan keterangan seputar rencana pembersihan dinding tebing di lokasi longsor Sibolangit/Ist
Kepala BPBD Deli Serdang Zainal Abidin Hutagalung memberikan keterangan seputar rencana pembersihan dinding tebing di lokasi longsor Sibolangit/Ist

Bebatuan yang masih menggantung di dinding tebing pada lokasi longsor di Jalan Jamin Ginting, Km 37,5, Desa Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang akan mendapat penanganan dari seluruh pihak terkait di Sumatera Utara.


Upaya pembersihan bebatuan yang rawan jatuh dan pepohonan pada titik longsor yang terjadi pada Minggu (24/10/2021) lalu tersebut akan dilakukan besok, Rabu 27 Oktober 2021. Demikian penjelasan yang disampaikan oleh Kepala BPBD Deli Serdang Zainal Abidin Hutagalung didampingi Kasatlantas Polrestabes Medan AKBP Sonny Siregar, unsur TNI dan unsur lainnya dalam keterangan resmi.

"Kami akan melakukan pembersihan tebing dan penebangan pohon yang rawan terjadi longsor susulan pada besok, Rabu 27 Oktober 2021 sekitar pukul 09.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB," katanya, Selasa (26/10/2021).

Zainal menjelaskan, selama pembersihan dinding tebing tersebut berlangsung maka jalur Medan-Berastagi akan ditutup total. Hal ini untuk menghindari potensi bahaya terhadap para pengguna jalan.

"Selama pelaksanaan tersebut akan dilakukan penutupan total. Untuk itu, kepada masyarakat dimohon maklum demi keselamatan kita bersama," pungkasnya.

Diketahui bebatuan yang masih menggantung pada dinding tebing pada lokasi longsor di Sibolangit mengundang keresahan masyarakat. Sebab, kondisinya sangat labil dan berpotensi jatuh sewaktu-waktu. Desakan agar pemerintah melakukan penanganan bermunculan dan hal ini direspon oleh para instansi terkait.