10 Menteri Dengan Sentiman Positif Tertinggi Versi Indonesia Indicator

Jajaran Kabinet Indonesia Maju./Net
Jajaran Kabinet Indonesia Maju./Net

Sebuah survei yang merekam apresiasi publik dan media terhadap para menteri Kabinet Indonesia Maju dirilis menjelang perombakan kabinet. Dari hasil survei Indonesia Indicator (I2) itu, ada 10 menteri yang mendapat sentimen positif tertinggi dari publik dan media.


Kepala Divisi Riset Indonesia Indicator, Fanny Chaniago, Kamis (15/4), menjelaskan, survei ini dilakukan dengan menganalisa data pemberitaan sebanyak 4.655.176 berita yang berasal dari 5.963 media online berbahasa Indonesia, baik media online nasional maupun media online lokal.

Sampel berita diambil mulai 24 Desember 2020 hingga 12 April 2021. Atau sejak momentum reshuffle Kabinet Indonesia Maju yang pertama pada 23 Desember 2020 lalu.

Fanny menjelaskan, selanjutnya dengan menggunakan peranti lunak kecerdasan buatan (AI), Indonesia Indicator mengidentifikasi pemberitaan-pemberitaan mengenai figur menteri. Sekaligus, mengenali pemberitaan yang memiliki konten-konten positif terhadap menteri tersebut.

Dari 36 menteri dan kepala lembaga setingkat menteri yang dianalisa Indonesia Indicator, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menjadi menteri yang paling banyak mendapat sentimen positif, dengan 13.968 berita.

Pada posisi kedua, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (13.879 berita) disusul Menteri Keuangan Sri Mulyani (9.101 berita) dan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (8.808 berita).

“Sentimen positif didapatkan dari beberapa aspek, di antaranya pemberitaan tentang kinerja, dan pelaksanaan program kerja, serta terobosan yang dibuat di kementerian tersebut. Dan bagaimana media mencitrakan atau mempersepsikan figur menteri tersebut," ujar Fanny, seperti dikutip dari Kantor Berita Politik RMOL.

Ia menjelaskan, nama Sandiaga paling banyak diberitakan terkait langkah-langkah pemulihan pariwisata di tengah pandemi. Sandiaga juga dicitrakan dekat dengan milenial dan banyak melibatkan milenial untuk ikut mempromosikan potensi pariwisata Indonesia melalui dunia digital.

“Sandiaga juga akrab dengan publik. Aktif di media sosial. Dan memanfaatkan kanal digital untuk mempublikasikan program kerja kementerian, sehingga publik lebih mengetahui apa yang dilakukannya,” urainya.

Fanny menambahkan, sentiman positif untuk Airlangga Hartarto banyak dikaitkan dengan program Percepatan Ekonomi Nasional (PEN), optimalisasi investasi untuk tahun 2021 dan dorongan percepatan program vaksinasi nasional.

"Namun di luar itu, sebenarnya dalam pemberitaan Airlangga juga terdapat isu politik, seperti survei elektabilitas, kiprahnya di Golkar, dan wacana Capres 2024," tutur Fanny.

Berikut 10 menteri yang mendapatkan sentimen positif tertinggi dalam survei Indonesia Indicator:

  • Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno (13.968 berita)
  • Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (13.879 berita)
  • Menteri Keuangan Sri Mulyani (9.101 berita)
  • Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (8.808 berita)
  • Menteri Sosial Tri Rismaharini (7.735 berita)
  • Menteri BUMN Erick Thohir (7.165 berita)
  • Menteri Perhubungan Budi Karya (6.744 berita)
  • Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (6.709 berita)
  • Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (6.191 berita)
  • Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono (5.844 berita).